Thursday, August 1, 2013

Saur Yuuuuuk DAY 23


Semua yang ada di dekat meja kerja Bojana Danilovic serba terbalik. Peta yang dipasang di dinding posisinya terbalik, menghadap ke bawah. Begitupun dengan keyboard komputer yang terletak di meja, kepalanya berada di dekat kursi. Monitor juga demikian.
Posisi itu memang sengaja disediakan untuk Bojana, perempuan Serbia berusia 28 tahun. Sementara untuk keperluan orang lain diletakkan normal. Di rumah pun demikian. Ada dua televisi di ruang keluarganya, satu diletakkan normal, satu dipasang terbalik, khusus untuk dirinya.

Bojana sejak lahir memang memiliki kelainan otak yang oleh para ahli disebut spatial orientation phenomenon. Kasus ini jarang terjadi. Kondisi itu menjadi perhatian para ilmuwan Amerika Serikat. Mereka kemudian meneliti apa sebenarnya yang terjadi padanya. Namun setelah penelitian dilakukan, para ahli menemukan bahwa otak Bojana sehat-sehat saja. Ia bahkan termasuk memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bojana yang kini jadi ahli ekonomi ini hanya memiliki kelainan pada konfigurasi otaknya yang membuat interprestasi terhadap apa yang dilihatnya serba terbalik.
“Mungkin untuk orang lain hal ini menakjubkan. Tapi bagi saya itu biasa saja,” kata Bojana. Teman-temannya sudah mafhum jika melihat Bojana membaca koran atau majalah dengan posisi terbalik. Itulah satu-satunya cara Bojana membaca. Saat menulis pun ia melakukan hal yang sama, menulis dari bawah ke atas.
(Oleh Tim Andrie Wongso, Kamis, 27 Juni 2013)

Memang tiada yang sempurna dalam kehidupan ini, namun percayalah mengenai satu hal bahwa Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang sepertinya memberikan kita berbagai kekurangan karena hakekatnya sedang ingin menunjukkan kelebihan kita yang lain, hanya saja acapkali kita tak menyadarinya.

Saur Yuuuuuk,

Doa hari – 23

Yaa Allah! Sucikanlah aku dari dosa-dosa, dan bersihkanlah diriku dari segala aib. Tanamkanlah ketaqwaan di dalam hatiku, Wahai Penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa.

Salam,
NV

No comments:

Post a Comment