Monday, April 22, 2013

Perjalanan ke Wina Austria DAY 2 tgl 13-14 April 2013

Perjalanan ke Wina Austria DAY 2 tgl 13-14 April 2013
(Sebagaimana telah dikirimkan ke beberapa mailing list)

Sabtu, sekitar pk 2 siang waktu setempat dibawah cuaca yang agak mendung kami meninggalkan bandara International Schwechat menuju ke pusat kota Wina yang berjarak sekitar 19 kilometer.


Kami menuju hotel Savoyen Vienna di jalan raya Rennweg. Hotel Savoyen sebenarnya menempati bekas bangunan Badan Penyiaran Austria tempo dulu yang kemudian direnovasi besar dan diubah menjadi sebuah hotel yang menyediakan 266 kamar dan 43 Suite dengan interior yang sangat modern.


Wina atau Wien (Jerman) atau Vienna (Inggris) atau Vienne (Perancis) merupakan ibu kota Austria yang tersohor sebagai kota budaya, khususnya musik tempat kelahiran para musisi ternama dunia seperti Schubert, Johan Strauss dan Brahms. Meskipun bukan kota kelahiran, Mozart dan Beethoven meniti tangga kesuksesan hingga menutup mata di kota Wina.


Seperti halnya kota-kota besar di Eropa, kota Wina dipenuhi bangunan-bangunan antik gaya Gothik dan Barok serta bangunan-bangunan modern minimalis terutama di wilayah Vienna International City (VIC) sebuah distrik tempat gedung-gedung kantor pusat organisasi dunia seperti International Atomic Energy Agency (IAEA), OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO).


Salah satu ikon kota Wina adalah Donauturm atau Danube Tower. Awalnya dibangun area rekreasi sekitar pinggiran sungai Danube th 1964 dan kemudian berkembang menjadi besar dan didirikan bangunan menara setinggi 252 meter yang diberi nama Donauturm. Menara Danube ini sedang mempersiapkan peringatan ulang tahun ke 50 pada tahun 2014 sehingga mengalami sedikit pemugaran. Setiap tahun lebih dari 400.000 pengunjung naik ke mahkota puncak menara yang berupa restauran yang dapat berputar sehingga memberikan sensasi pemandangan seantero kota Wina dari ketinggian.


Musim Semi di benua Eropa rupanya disambut masyarakat dengan cara berjalan-jalan di jalan utama, taman-taman dan hutan tengah kota. Banyak penduduk dan wisatawan yang terlihat memenuhi kedai-kedai kopi atau kedai Anggur (Wine) yang berada sepanjang jalan. Penduduk lokal menyebutnya Heurigen untuk Cafe-Cafe yang berjualan Wine di Austria.


Hari Minggu ini rupanya ada perhelatan Vienna City Marathon yang diikuti ribuan pelari dan menyebabkan beberapa jalan utama di kota Wina ini ditutup. Masyarakat turut turun ke jalan meramaikan kegiatan marathon itu dengan berbagai kegiatan. Sebagian musikus jalanan melakukan tabuh-tabuhan dengan perkusi drum dan pada beberapa tempat terlihat para gadis-gadis muda membagi-bagikan roti kukus ke pengunjung dan tepat di depan Rathaus (Balai Kota Wina) diadakan bazar besar yang menjajakan makanan khas Austria dan berbagai produk minuman Wine maupun Bir lokal.

 



Wina adalah kota "istana" karena banyaknya istana kuno yang masih tertata sangat apik hingga kini.


Istana Belvedere bergaya Barok dibangun sekitar th 1660an di depannya dilengkapi halaman yang sangat luas berupa kolam besar yang memantulkan bangunan istana sehingga indah dipandang. Bangunan istana diberi ukiran-ukiran yang sangat indah baik bagian interior maupun eksteriornya. Sebuah kebun Jeruk dan taman yang luas melengkapi keindahan istana ini.


Istana Keadilan atau Justizpalast berupa bangunan istana yang tak terlalu besar namun sangat indah kaya detil ukiran bergaya neorenaissance karya Alexander Wielemans von Monteforte th 1875an yang sekarang dijadikan gedung Parlemen Austria. Patung Dewi Athena berdiri megah dengan jubah dan mahkota berkilau emas sangat anggun dengan mengundang decak kagum serta siapapun yang melintas untuk berfoto sejenak.


Tak jauh dari Justizpalast, berdiri bangunan tak kalah megah, Rathaus atau Balai Kota dibangun pada periode yang sama dengan Justizpalast sebagai pusat pemerintahan Gubernur Propinsi Wina. Gedung ini berisi 1500 kamar yang dipercaya sebagai gedung publik terbesar di seluruh Austria.


Istana yang terindah dan barangkali terbesar adalah Schloss Schonbrunn yang berlokasi daerah perbukitan Wina bergaya Rococo karya arsitek Fischer von Erlach yang diselesaikan tahun 1713 sebagai kediaman musim panas untuk keluarga kaisar. Interior istana yang berjumlah 1441 kamar diberi ornamen ukiran, patung-patung dan berbagai macam bentuk pilar berlapis emas. Bukan hanya indah namun juga luar biasa untuk kreasi bangun th 1700an! Posisi yang sangat penting bagi istana Schonbrunn maka tahun 1996 didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


Setidaknya ada 3 museum yang tak boleh dilewatkan begitu saja.


Musium pertama adalah istana Belvedere yang bagian dalam difungsikan untuk museum. Berbagai lukisan abad pertengahan hingga masa kini dari artis Austria maupun negara Eropa lainnya dipamerkan di musium ini. Sebut saja Claude Monet, Vincent van Gogh dan Max Beckmann. Musium ini juga menjadi kolektor terbesar untuk karya Gustav Klimnt, Egon Schiele dan Oskar Kokoschka.


Musium kedua adalah Leopold yang merupakan koleksi terpenting dari seni modern Austria. Musium Leopold sebenarnya kumpulan 5 ribuan koleksi dari Rudolf dan Elisabeth Leopold selama lebih dari 50 tahun yang disatukan menjadi satu musium th 1994. Musium Leopold mengkoleksi karya Egon Schiele yang terlengkap di dunia. Beberapa karya besar artis lain seperti Gustav Klimnt, Oskar Kokoscha, Richard Gerstl dan Albin Egger-Lienz juga dipamerkan di musium ini.


Musium ketiga adalah Albertina yang awalnya merupakan istana Tarouca yang dibangun th 1801 kemudian diperluas menjadi seperti saat ini. Albertina terletak di pusat kota Wina yang mengkoleksi berbagai ragam seni grafis, lukisan cat air dan minyak dari beberapa artis misalnya, Durer, Rubens van Dyck dan Brueghel. Albertina ini juga mengalami dekorasi yang berubah secara berkala untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satu daya tarik Albertina adalah adanya area jalanan bawah tanah yang dijadikan pusat hiburan malam hari. Albertina Passage (AP) sebuah bar yang menyajikan tempat hang-out eksklusif menyajikan beragam minuman namun lebih dari itu sebuah live Jazzy band disebut AP-All Stars akan menghibur para pengunjung sosialita Wina.


Wina Austria 14 April 2013,
Salam hangat,
NV

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment